Blind Spot

Blind Spot, Muhammad Ali dan Angelo Dundee

Semua petinju profesional memiliki pelatih. Bahkan, petinju legendaris sehebat Muhammad Ali sekalipun memiliki pelatih, yaitu Angelo Dundee yang membantu Muhammad Ali menjadi juara dunia kelas berat tiga kali.

Padahal jika mereka berdua disuruh bertanding, sangat jelas Angelo Dundee tidak akan pernah menang. Mungkin kita bertanya-tanya, mengapa Muhammad Ali membutuhkan pelatih kalau sudah jelas dia pasti menang melawan pelatihnya?

Ketahuilah ...

Bahwa Angelo Dundee adalah pribadi yang luar biasa. Dundee adalah motivator ulung sepanjang masa. Dia bisa membalikkan keadaan.

Bahwa Muhammad Ali membutuhkan pelatih bukan karena pelatihnya lebih hebat bertarung, tetapi karena ia membutuhkan seseorang untuk melihat hal-hal yang tidak dapat dia lihat sendiri.

Hal yang tidak dapat kita lihat dengan mata sendiri itulah yang disebut blind spot atau titik buta. Kita hanya bisa melihat blind spot dengan bantuan orang lain.

Dalam hidup kita butuh seseorang untuk mengawal kehidupan kita, sekaligus untuk mengingatkan kita seandainya prioritas hidup kita mulai bergeser.

Kita butuh orang lain yang dapat:
  • menasihati,
  • mengingatkan, dan
  • menegur,
saat kita mulai melakukan sesuatu hal yang keliru yang mungkin tidak kita sadari.

Kita butuh kerendahan hati untuk:
  • menerima kritikan,
  • menerima nasihat, dan
  • menerima teguran.
Itulah yang justru menyelamatkan kita.

Kita bukan manusia sempurna.Biarkan orang lain menjadi mata kita di area blind spot kita, sehingga kita bisa melihat apa yang tidak bisa kita lihat dengan pandangan kita sendiri.

Mari kita saling menasihati dalam kebaikan dan kesabaran. Diam dan teruslah berkarya. Semoga Allah memberkahi kita.

Amin.

Comments

Popular Posts